The Blues Sukses Kudeta Spurs

The Blues Chelsea kembali menorehkan hasil positip dikancah Liga Utama Inggris setelah menggulung Southampton 0-2 di St. Mary’s. Kemenangan The Blues atas Soton di pekan ke-10 Liga Inggris ini menambah rangkaian kemenangan the blues menjadi empat kemenangan rangkaian beruntun setelah kekalahan telak atas Arsenal pada pekan ke-6 Liga Utama Inggris. Empat kemenangan beruntun pasukan Antonio Conte ini diawali ketika menggulung Hull City dengan skor 0-2, kemudian dilanjutkan dengan menggulung juara bertahan Leicester City dengan skor 3-0 lalu dilanjutkan dengan menggulung Man. United dengan Skor menjanjikan 4-0.

Rangkaian empat buah kemenangan beruntun dari Pasukan Antonio Conte ini sukses mengantarkan Si Biru menyodok ke jajaran papan atas klasemen. Kesuksesan Eden Hazard dan kawan-kawan ini mengantarkan si Biru London Barat sukses untuk melakukan kudeta terhadap rival dari London Utara, The Spurs. Berkat kemenangan di Stadion St. Mary’s ini pasukan The Blues sukses menggeser The Spurs dari peringkat empat Liga Utama Inggris.

Chelsea Bekuk Southampton ( http://www.telegraph.co.uk/ )
Chelsea Bekuk Southampton ( http://www.telegraph.co.uk/ )

 

Pada pertandingan yang digelar di St. Mary’s pada Minggu (30/10) lalu, juga menjadi catatan spesial tersendiri bagi kubu The Blues, pasalnya kemenangan atas Southampton tersebut merupakan kemenangan dalam empat laga terakhir tanpa kebobolan. Di sisi lain, kemenangan The Blues tersebut sukses mengantarkan Chelsea untuk menduduki peringkat keempat klasemen sementara Liga Utama Inggris dengan torehan 22 poin dari 11 pertandingan. Sementara untuk Southampton, kekalahan tersebut mendudukkan Southampton pada posisi kesembilan dengan raihan torehan 13 poin.

Rangkaian kemenangan kubu Si Biru, tentu tidak lepas dari peran tangan dingin Antonio Conte. Kedatangan sang manajer dari tanah Italia tersebut telah membawa sedikit banyak perubahan bagi kubu Si Biru. Salah satu perubahan mencolok yang diusung Tuan Conte adalah penggunaan susunan pemain yang keluar dari pakem susunan the blues. Jika pada tradisi-tradisi sebelumya, si biru sering menggunakan pekem formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1, maka semenjak kedatangan sang arsitek baru tersebut, Chelsea ber-eksperimen dengan formasi yang keluar dari pakem.

Pada tiga pertandingan sebelumnya, Chelsea menggunakan susunan pemain yang keluar dari pakem, yakni dengan menggunkan susunan 3-4-3 dengan menumpuk empat jangkar gelandang untuk mengontrol bidang tengah permainan. Pada pertandingan kontra Southampton, kubu Chelsea pun kembali menggunakan formasi 3-4-3 untuk meredam permainan Southampton yang menggunakan susunan pemain 4-3-3.

Susunan pemain kedua tim yang saling bertempur di Stadion St. Mary’s tersebut adalah sebagai berikut,

Chelsea (3-4-3): Courtois; Azpilicueta, David Luiz, Cahill (c); Moses (Ivanovic 87) Kante, Matic, Alonso; Pedro (Willian 78), Diego Costa (Batshuayi 88), Hazard.
Pemain Pengganti tak digunakan: Begovic, Terry , Chalobah, Oscar.

 

Southampton (4-3-3): Forster; Martina, Fonte (c), Van Dijk, Bertrand (McQueen 78); Clasie (Boufal 61) Romeu, Davis; Redmond, Tadic (Hojbjerg 78), Austin.
Pemain Pengganti tak digunakan:Taylor, Yoshida, Ward-Prowse, Olomola.

Pertandingan yang dipimpin oleh wasit Mike Jones tersebut dihadiri oleh 31,827 penonton yang memadati St. Mary’s.

Eden Hazard tampil sebagai pembuka kran gol the blues setelah berhasil menceploskan si kulit bundar ke gawang Forster pada menit ke-6. Sementara Diego Costa berhasil menggetarkan jala The Saint paska jeda turun minum. Pertandingan baru menyentuh menit keenam ketika Hazard, usai menerima umpan Victor Moses, melakukan gerak tipu untuk melewati Steven Davis lantas menembak bola melewati sela-sela kedua kaki kiper Fraser Forster. Gol tersebut, merupakan gole kelima Hazard di Liga Primer musim ini.

Sedangkan gol kedua The Blues, diawali dari aksi Hazard. Dari sisi kiri, ia  memberikan bola kepada Costa, dan striker naturalisasi Spanyol ini melakukan sedikit kontrol sebelum melepas sepakan melengkung indah menuju sudut tiang jauh gawang Soton, bikin Forster tidak berkutik.

“Saya senang melihat pemain saya bekerja sangat keras selama pertandingan dengan dan tanpa bola, Kami tahu bahwa jalan (untuk menjadi juara) masih sangat panjang, tapi kepercayaan diri kami meningkat. Hasil pertandingan dan penampilan kami  (melawan Southampton) ini menjadi sangat penting untuk kami, karena melalui hasil inilah mereka dapat semakin saling mempercayai dalam bekerja sama. Saat ini tidaklah penting bagi kami untuk melihat ke papan klasemen, ” ujar Conte paska pertandingan yang dikutip dari The Telegraph.

Secara umum, the blues berhasil mendominasi pertandingan tersebut. Peluang terbaik Southampton untuk mengurangi defisit gol datang seperempat jam menjelang berakhirnya pertandingan. Pada saat itu, sundulan Davis mengenai kepala David Luiz dan membuat bola melenting sebelum mengenai mistar.

Empat kemenangan beruntun dan hasil clean-sheet yang diraih Chelsea, berhasil menempatkan raksasa Biru London tersebut pada posisi keempat dengan hanya selisih satu poin dari pemuncak klasemen, Man. City. Berangkat dari hasil dan torehan yang telah ditorehkan oleh Chelsea, Conte percaya bahwa masih banyak kesempatan dan potensial untuk terus berkembang.

 

Advertisements

Mari Berbagi Pemikiran :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s