Masih pantaskah kita untuk mengeluh?

Kok hidup ku begini sih? Gak seperti teman-teman ku yang lain? Kok aku kerjanya kek gini sih? Gak kerja seperti teman-teman ku yang lain. Teman-teman ku udah pada sukses semua, lah kok aku gini-gini terus sih?

 

Disadari ataupun tidak, terkadang banyak celotehan berisi keluhan-keluhan yang keluar dari mulut kita. Mulai dari keluhan yang sederhana hingga keluhan-keluhan rumit kompleks yang menyangkut hidup dan kehidupan. Pada dasarnya memang tidak ada larangan untuk mengeluh karena memang sejatinya hidup di dunia ini sangatlah berat, namun perlu untuk digarisbawahi bahwa mengeluh secara berlebihan adalah sesuatu yang tidak baik.

Perlu untuk diingat bahwa mengeluh tidaklah menyelesaikan masalah. Mengeluh tidak akan membuat masalah yang kau hadapi itu langsung menghilang dan mengeluh juga tidak akan langsung mengubah kehidupan mu sejauh seratus delapan puluh derajat. Mengeluh memang diperbolehkan namun haruslah sekadarnya dan sewajarnya saja, sebagai obat hati atas apa yang tengah dialami.

Mengeluh secara berlebihan adalah salah satu indikasi bahwa kita kurang mensyukuri akan nikmat dalam kehidupan yang sudah diterima. Sekarang coba untuk diingat-ingat, seberapa banyak nikmat yang telah kita dapatkan dalam hidup ini? Sudah barang tentulah jauh lebih banyak daripada masalah yang sedang dihadapi. Coba hitung berapa jumlah yang kau keluhkan hari ini lalu coba hitung pula nikmat dan kebaikan yang telah kita terima dalam hidup ini, sudah barang tentu lebih banyak kenikmatan yang kita terima dalam hidup ini.

Daripada sekedar mengeluh tapi tidak menyelesaikan masalah, maka lebih baik melakukan beberapa hal berikut ini

1. Mengoptimalkan Hobi

team1Salah satu langkah positip daripada hanya sekedar mengeluh adalah melakukan hal-hal yang menyibukkan diri agar menjauhkan kita dari pikiran-pikiran yang negatip. Melakukan hobi adalah salah satunya, jika kamu memiliki hobi maka patut untuk dioptimalkan karena melakuka kegiatan yang didasarkan pada hobi atau kesukaan pastilah akan menyingkirkan pikiran-pikiran negatip. Selain itu kamu juga bisa mengasah kemampuan diri loh melalui hobi tersebut, semisal jika hobi mu adalah menggambar, maka dengan sering melakukan hobi tersebut siapa tahu saja kelak kalian akan dapat menjadi seorang pelukis hebat. Jika hobi kalian adalah olahraga maka bukan tidak mungkin loh kalian akan menjadi salah satu atlet Indonesia  yang membanggakan, toh jika tidak bisa menjadi atlet yang membanggakan, setidaknya kalian mendapat manfaat lain yakni tubuh kalian menjadi sehat dan pikiran kalian menjadi lebih positip.

2. Bersosialisasi Dengan Teman Seperjuangan

teamBersosialisasi dengan teman seperjuangan bisa menjadi salah satu alternatip yang baik loh untuk mengusir segala bentuk usikan dan pengaruh pikiran negatip yang akan menarik mu ke dalam dunia ‘pengeluhan’ yang kelam itu. Bersosialisasi dengan teman yang sedang dalam masa perjuangan akan memberi mu suntikan tenaga, motivasi dan juga semangat loh. Kalian bisa berbagi mimpi dan harapan positip yang akan menjadikan kalian menjadi lebih positip. Namun tidak disarankan untuk sering-sering bersosialisasi secara berlebihan dengan teman/kolega yang dipenuhi dengan aura keputusasa-an ya, karena aura ini pastilah akan menarik dan menyerap energi positip mu dan menjadikan mu ikut terperangkat dalam dunia ‘pengeluhan’ yang gelap gulita tak bercahaya.

3. Karaoke Gratisan

team3Salah satu cara ampuh untuk mengusir pemikiran negatip yang melintas dibenak dan pikiran kita adalah bernyanyi. Kalau memang tidak ada teman yang bisa diajak pergi ke karaoke dan juga dari segi pendanaan tengah pailit maka karaoke gratisan merupakan alternatip yang sangat tepat. Caranya pun mudah, tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan kamu bisa bersenang-senang. Caranya adalah nyalain itu musik di komputer atau hp, pilih lagu yang pas dan kamu bisa nyanyi mengikuti suara musik dan nyanyian yang terputar di komputer atau hp kamu. Murah dan mudah bukan? Namun sebelumnya, pastikan kamar mu terkunci rapat ya bila tidak ingin ada sepatu melayang ke kepala tatkala kamu menyanyi dengan semangat yang menggebu-gebu.

4. Bermain Game

team2Bermain game akan membuatmu melupakan sedikit pemikiran mu yang negaatip dan dipenuhi keluhan itu. Kamu bisa melampiaskan perasaan mu dengan main game. Selain itu, bermain game juga akan memberikan manfaat lain loh seperti tetap aktifnya sel-sel otak karena bermain game juga membutuhkan konsentrasi, kamu bisa melatih konsentrasi dan fokusmmu.

5. Jalan-jalan atau traveling

team4Kegiatan traveling menjadi opsi yang sangat pas untuk menyingkirkan pikiran-pikiran negatip yang berisi keluhan-keluhan. Jika kamu punya waktu luang, maka traveling bisa dijadikan alternatip loh. Dan perlu diingat bahwa untuk traveling tidak harus selalu bepergian jauh ya, sampai ke luar kota apalagi luar negeri. Jika memang anggarannya mencukupi, maka tidak masalah untuk melakukan perjalanan jauh, namun apabila akomodasi yang ada adalah terbatas, maka jalan-jalan ke tempat yang dekat-dekat saja sudah mencukupi, yang terpenting adalah bisa mendapatkan udara segar, suasana baru dan refreshing pikiran.

Coba dipikirkan secara lebih mendalam Guys, bahwa mengeluh tidak sepenuhnya akan menyelesaikan setiap masalah mu. Daripada mengeluh berkepanjangan, tidak menjadikan masalah selesai dan malah menambah kegalauan, mending nyobain hal-hal di atas. Namun tidak ada jaminan bahwa pikiran negatip akan hilang selamanya ya guys, tapi tidak ada salahnya kan untuk mencoba.

Daripada membuang waktu mu yang berharga hanya untuk mengeluhkan sesuatu yang justru akan memicu kejatuhan mu ke dalam lembah kegalauan, maka lebih baik menggunakannya untuk hal-hal yang bersifat membangun.

Advertisements

3 thoughts on “Masih pantaskah kita untuk mengeluh?

  1. Kalo menurutku sih mas, lumrah saja mengeluh asal nggak kebanyakan keluhan. 😀 hahha
    daripada stress dewe mending cerito lah sama kawan sitik-sitik mas, hahha. Tapi tips nya aku suka mas. hahha

    Like

Mari Berbagi Pemikiran :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s