Isi Kepala Mu Adalah Istana

Tidak jarang bahwa tiap-tiap dari kita sering berpikir bahwa kita bukanlah siapa-siapa di Dunia ini. Terkadang kita sering merasa atau memposisikan diri kita pada kedudukan yang lebih rendah daripada orang lain. Hal yang wajar dan manusiawi memang.

Terdapat beberapa faktor yang terkadang membuat diri kita seolah-olah menjadi tidak lebih baik daripada lainnya. Latar belakang kehidupan, keadaan kita saat ini yang belum seberuntung mereka, jenis pekerjaan maupun tingkat pendidikan merupakan beberapa hal yang menjadi penyokong utama yang akan menjadi pemicu bagi kita untuk memposisikan diri kita pada posisi yang tidak semestinya. Hal inilah yang terkadang membuat kita berpikir bahwa kita bukanlah siapa-siapa diantara mereka.

Untuk mu yang terbiasa berpikir bahwa diri kita bukanlah siapa-siapa, maka mari cermati satu kata bijak yang pernah dikemukakan oleh Frank Mccaurt yang kurang lebih kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia akan seperti, ” Kamu mungkin miskin, sepatumu mungkin rusak, namun isi kepalamu adalah Istana.”

Mari cermati dan renungkan untuk sesaat kata-kata bijak di atas. Banyak yang tidak begitu menyadari bahwa sesunguhnya tiap-tiap dari kita adalah pemilik istana yang tiada terkira nilai dan harganya. Boleh saja untuk saat ini keadaan memang belumlah berpihak pada kita. Keadaan kita belumlah seperti teman-teman kita yang lainnya yang telah terlebih dahulu mengepakkan sayap mereka menembus cakwarala karir yang menjulang tinggi. Namun hal ini bukanlah alasan untuk menjadikan diri kita bersedih hati dan berputus asa. Percayalah bahwa tiap-tiap manusia menggenggam takdir mereka sendiri.

Kembali ke quotes di atas. Keadaan luaran kita untuk saat ini memang belumlah sebaik dan semapan teman-teman kita yang lainnya, tapi isi kepala kita adalah sebuah istana yang tiada terkira. Apabila tiap-tiap dari kita bersedia untuk menengok sejenak saja isi kepala kita, maka pastilah di sana teronggok harta-harta yang nilainya luar biasa. Terdapat banyak hal yang sejatinya bisa diolah dan dioptimalkan dari istana pemikiran kita. Tak jarang terdapat sekian banyak ide segar dalam kepala kita yang apabila direalisasikan ternyata memiliki peluang besar untuk mengubah hidup kita dan juga orang-orang di sekitar kita.

Banyak tokoh-tokoh hebat yang pada awalnya bukanlah siapa-siapa, tapi pada akhirnya mereka  menjadi tokoh yang luar biasa setelah mereka berhasil mengulik istana pemikiran mereka. Salah satu contoh yang terkenal adalah Walt Disney. Siapa yang tidak mengenal Walt Disney? Aku rasa hampir kita semua mengenal yang namanya Walt Disney. Lewat seri animasi Mickey Mouse yang terkenal seantero jagat itulah Walt Disney mulai menapaki perjalanan karir yang luar biasa. Dan saat ini, Walt Disney menjadi salah satu produsen film animasi terbesar di Dunia. Sungguh sesuatu yang luar biasa mengingat latar belakang dan masa lalu yang dimiliki oleh Walt Disney. Kesuksesan yang ia raih tidaklah datang dengan tiba-tiba atau semudah membalikkan telapak tangan.

Walt Disney yang pada awalnya bukanlah siapa-siapa bahkan bisa dikatakan bahwa ia termasuk ke dalam sosok yang kurang beruntung di masa lalunya, namun ia dapat mengubah perjalanan hidup dan karirnya secara luar biasa. Bahkan memberikan inspirasi yang luar biasa kepada manusia lainnya untuk menjalani kehidupan secara luar biasa meskipun keadaan kita untuk saat ini adalah biasa-biasa saja.

Isi kepala kita adalah Istana, memang ada benarnya ungkapan ini karena sesungguhnya isi kepala kita menyimpan harta yang luar biasa. Semua itu bergantung pada diri kita sendiri apakah mau mengoptimalkan harta tak terkira tersebut ataukah tidak. Sesungguhnya tiada berguna kita bersedih hati dan larut dalam meratapi keadaan secara berlebihan karena hal itu tidak akan mengubah apapun dalam kehidupan kita. Ambil napasmu dalam-dalam kemudian buka pintu istana mu itu dan jamahlah setiap sudut istana mu yang berharga itu dan mungkin saja di dalam isi kepala mu itu akan kau dapati sesuatu yang teronggok namun memiliki nilai tak terkira yang tidak hanya akan mengubah hidup mu namun juga mengubah kehidupan orang-orang di sekitar mu.

Advertisements

Mari Berbagi Pemikiran :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s