Menantang Zona Nyaman

Perjalanan selalu dimulai dari ujung zona nyaman kehidupan mu.

Quote di atas mungkin menjadi salah satu quote yang sangat penting dalam kehidupan manusia, terutama kehidupan para kaum muda yang selalu ingin bernaung dalam kenyamanan zona hidup. Tidak bisa dipungkiri memang bahwa setiap individu selalu memiliki yang namanya zona nyaman. Zona nyaman kurang lebih dapat diartikan sebagai zona kehidupan tempat bersemayamnya segala hal yang membuat seseorang itu selalu merasa nyaman akan dunianya. Salah satu contoh zona nyaman yang ada adalah kehidupan keluarga, yakni hidup dalam balutan pemenuhan kebutuhan oleh orang tua.

Tidak dipungkiri bahwa hidup dalam balutan pemenuhan kebutuhan oleh orang tua menjadi salah satu hal yang paling enggan untuk ditinggalkan. Namun percayalah apabila kita hanya hidup dalam zona nyaman secara terus-menerus, kita tidak akan pernah bisa mengenal dunia dan diri kita sendiri secara keseluruhan. Tidak akan mengenal kemampuan dan kekuatan diri sendiri karena kita selalu hidup dalam bayang-bayang kehidupan orang tua. Ada pepatah bahwa seekor elang tidak akan pernah bisa terbang melanglang menjelajah cakrawala bila ia tidak pernah belajar untuk meninggalkan sarangnya yang nyaman dan hangat.

Bila dicerna secara mendalam maka ungkapan di atas tentulah ada benarnya. Untuk dapat melihat dunia yang lebih luas maka salah satu hal yang perlu untuk dilakukan adalah mencoba keluar dari kehidupan zona nyaman yang selama ini mengungkung kehidupan kita.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk keluar dari zona nyaman adalah merantau. Ketika mencoba menjalani kehidupan di luar zona nyaman, maka ada beberapa hal postip yang dapat di alami,

1. Belajar akan hakikat kehidupan yang sebenarnya

kehidupan nenekSelama ini bila kita hidup dalam balutan selimut orang tua yang sangat nyaman, maka setelah menanggalkan selimut nyaman tersebut dan mulai belajar untuk menjalani kehidupan di luar zona nyaman, kita akan belajar mengenai apa itu hidup dan kehidupan. Salah satu nilai yang akan kita pelajari adalah bahwa hidup itu ternyata tidaklah semudah yang dibayangkan. Hal ini tentu saja akan membuka mata dan telinga kita bahwa selama ini justru orang tua kitalah yang berjuang ekstra keras hanya untuk memujudkan kehidupan kita yang nyaman. Disinilah kita akan belajar banyak hal, tentang pengorbanan dan tentang kehidupan yang sebenarnya tidaklah senyaman dekapan ibunda.

2. Belajar melakukan manajemen diri

manajemen waktuHidup dengan menanggalkan kehidupan di zona nyaman akan mengubah banyak hal dalam dirimu. Kamu akan belajar dan mengalami hal-hal yang selama ini belum tentu atau tidak kamu alami selama kamu hidup dalam balutan kehidupan zona nyaman yang selama ini mengungkungmu. Di kehidupan mu yang sekarang, kamu harus belajar mengelola keuangan mu sendiri, belajar mengatur waktu mu dengan baik, dan jika selama ini kamu tidak pernah menyentuh ataau bersinggungan dengan pakaian kotor mu, maka disinilah saatnya kamu akan bersinggungan dengan cara bagaimana untuk mengatur cucian dan pakaian mu yang kotor. Disini juga kamu akan mulai menyadari bahwa belajar untuk melakukan manajemen diri adalah sesuatu hal yang sangat penting.

3. Belajar bersosialisasi

sosialisasiDi tempat perantauan tentulah kita akan menghadapi situasi dan bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang. Bersosialisasi dan mengenaal mereka merupakan salah satu hal penting ketika kita merantau. Memiliki teman-teman seperantauan akan menjadi salah satu bekal penting dalam menjani kehidupan perantauan di luar zona nyaman yanng tidak begitu bersahabat. Disinilah kita dapat belajar untuk menemukan sahabat-sahabat yang benar-benar kamu pertahankan untuk selamanya.

4. Kamu belajar mengenal diri mu sendiri secara lebih mendalam

aku pantaiHidup jauh dari orang tua, apalagi jika kamu sudah tidak mengandalkan biaya hidup dari kiriman orang tua akan menjadikan kita belajar untuk mengenal diri sendiri secara lebih mendalam. Kita akan mulai bersahabat dengan diri dan keadaan diri kita sendiri. Kita akan menjadi lebih dewasa dalam menyikapi hidup dan juga kehidupan yang tidak abadi ini.

5. Pulang akan menjadi saat-saat yang paling berharga

pelukan mamaTidak bisa dipungkiri bahwa setelah berjuang dengan kehidupan di luar zona nyaman, maka pulang dalam dekapan orang tua untuk sekedar melepas rindu adalah saat-saat yang sangat berharga. Hal ini akan menjadi obat dan juga pengisi energi yang sangat efektif sebelum kita kembali berjibaku dengan kerasnya kehidupan dunia di luar zona nyaman.

 

Setidaknya lima hal di atas yang akan kita dapati ketika kita meninggalkan kehidupan kita yang nyaman. Kehidupan yang tidak nyaman adalah cara terbaik untuk menempa diri, untuk mengetahui batas dan kemampuan serta kekuatan kita sendiri. Ketakutan untuk meninggalkan zona nyaman itu pasti ada, namun yang diperlukan hanyalah sebuah langkah kecil yang akan membawa mu meninggalkan zona nyaman mu yang kecil itu.

 

Perjalanan selalu dimulai dari ujung kehidupan mu yang nyaman. Dan setiap perjalanan yang panjang selalu dimulai dari sebuah langkah kecil nan sederhana yang diselimuti dengan keberanian hati yang besar. Dan ingat bahwa setiap perjalanan akan senantiasa membawa mu pada hal-hal baru.

 

Advertisements

Mari Berbagi Pemikiran :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s