Lima Tips Menjaga Kesehatan Otak Selama Liburan

Ola Gaes. Gimana nih kabarnya? Semoga baik-baik saja ya. Sudah memasuki liburan panjang nih Gaes. Pasti pada seneng banget ya kan, secara bisa memanjakan diri begitu ( alias malas-malasan). Namun perlu diingat nih gaes, meskipun liburan panjang tapi jangan terlalu bermalas-malasan ya gaes karena tidak baik lho untuk kesehatan badan.

Selama liburan, pasti banyak nih dari kita yang bermalas-malasan. Kebanyakan hanya menikmati makanan dan minuman yang masih tersedia secara melimpah. Apalagi bertepatan dengan libur lebaran. Pas banget kan momentnya. Liburan panjang dan banyak makanan, apalagi nih yang bisa dilakukan selain makan makan dan makan? Ya kan?

Menjaga kesehatan selama liburan itu penting, namun menjaga kesehatan otak juga tidak kalah penting lho gaes. Menjaga kesehatan otak agar tetap memiliki performa yang baik itu adalah suatu kewajiban. Apalagi untuk kawula muda yang masih energik dan juga tuntutan pekerjaan. Berikut ada beberapa tips dan trik yang bisa dicoba untuk tetap menjaga kesehatan otak selama liburan yang panjang ini lho gaes. Cus yuk kita kupas tips-tipsnya.

  1. Tips yang pertama adalah Membaca Buku.
    membaca bukuTidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan membaca merupakan langkah utama yang dapat ditempuh untuk menjaga kesehatan otak. Tinggalkan kebiasaan menonton televisi secara berlebihan tatkala liburan tiba. Dan mulailah dengan membaca buku. Membaca buku akan mengantarkan otak kita pada tataran-tataran imajinasi.  Buku adalah jendela Dunia, pepatah lama yang sangat tepat karena dengan membaca bukan hanya akan membuka cakrawala pengetahuan tapi juga merangsang sel-sel otak untuk terus berpikir dan aktif bekerja.

  2. Bermain Game.
    caturBermain game bisa bikin tambah pintar dan menjaga kesehatan otak? Masa sih? Jangan kaget ya Gaes, karenaa jawabnya adalah iyak tepat sekali. Bermain game terutama game-game strategi seperti catur, puzzle dan atau game-game strategi lainnya. Dengaan bermaain game, setidaknya ada dua keuntungan yang akan di dapat lho, yang pertama adalah merangsang refleks gerakan dan yang kedua adalah merangsang sensor dan saaf otak. Kedua hal ini akan merangsang agar sel-sel otak tetap aktif.

  3. Berolahraga.
    jogging olahragaOlahraga adalah sesuatu yang penting, bukan hanya untuk tubuh tapi juga untuk otak. Olahraga yang baik dan efektif akan memberikan akibat berupa lancarnya pengangkutan oksigen dan juga darah menuju ke sel-sel otak. Dengan adanya aliran darah dan oksigen yang ancar ke sel-sel otak, maka akan memberikan efek berupa semakin membaiknya kinerja sel-sel otak.

  4. Refreshing.
    refreshing liburanRefreshing atau liburan dengan mengunjungi tempat-tempat baru seperti alam sekitar, kebun binatang atau wisata edukasi juga bisa memberikan dampak positip lho bagi se-sel otak. Tidak bisa dipungkiri bahwa otak yang sedang penat akan mengakibatkan rasa jenuh yang akan memaksa sel-sel otak untuk ‘malas’ bekerja. Salah satu cara ampuh yang dapat digunakan adalah refreshing atau berlibur ke luar ruangan untuk melihaat hal-hal dan juga tempat yang baru.

  5. Mengkonsumsi air putih yang cukup.
    minum air putihYap, ini mungkin sesuatu yang terlihat sederhana. Namun dibalik kesederhanaan itu, terseimpan sesuatu yang luar biasa penting. Perlu diketahui bahwa komposisi terbesar dari sel-sel otak dan juga tubuh manusia adalah air. Maka mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, akan memberikan sel-sel otak cukup cairan yang akan mencegah sel-sel tersebut dari keadaan dehidrasi. Sel-sel otak yang mendapatkan cairan yang cukup, akan bisa bekerja secara optimal dibandingkan dengaan sel-sel otak yang tidak menerima asupan cairan dalam jumlah yang cukup.

 

Itu tadi ya gaes tips singkat untuk menjaga kesehatan otak selama liburan yang panjang ini. Boleh lho dipraktikkan dan dicoba. Liburan tidak identik dengan bermalas-malasan loh gaes. Yuk gerak.

 

Sekian gaes tips yang bisa dishare. Tunggu tips-tips di artikel berikutnya ya gaes. Salam liburan untuk kalian semua.

Advertisements

Mari Berbagi Pemikiran :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s