Lensa Kehidupan

Mereka menyebutnya sebagai Mata. Namun aku lebih suka untuk menyebutnya sebagai Lensa Kehidupan. Mengapa? Karena Mata bukan hanya sekedar alat optis super canggih yang hanya dapat digunakan untuk melihat sesuatu hal yang hanya bersifat kasat semata.

Mata adalah sebuah objek yang lebih dari itu. Ia mampu merepresentasikan sang pemiliknya dalam kenyataan yang sebenar-benarnya. Mata adalah sesuatu yang istimewa. Ketika kita merasa bahwa kita memahami benda yang satu itu, maka pada saat itu sebenarnya kita tidak memahaminya dengan baik.

Mata adalah Lensa. Lensa-lensa optis memiliki sifat-sifat berupa membiaskan atau meneruskan cahaya yang datang kepadany. Begitu juga dengan makna mata dalam pengertian yang sebenarnya. Ia mampu mencerminkan hingga bagian yang paling dalam dari sang empunya. Mampu merepresentasikan hingga ke titik terendah sang pemiliknya. Itulah mata.

Dari mata pun kita dapat melihat segalanya. Ada pepatah yang mengatakan bahwa mata tidak akan pernah bohong. Mengapa? Karena, mata akan selalu memancarkan dan merepresentasikan suatu sifat murni berupa kejujuran. Mata adalah segalanya. Jika kita ingin memahami orang lain, maka terlebih dahulu pahamilah matanya.

Dari mata kita bisa mendapatkan banyak hal. Hanya dari sepasang objek optis alami, kita mampu untuk menggali sesuatu yang sifatnya jauh lebih mendalam, jauh lebih mendetail dan jauh lebih jauh. Mata adalah cermin diri alami. Mata adalah lensa alami karunia Tuhan oleh karena itu, ia akan selalu merepresentasikan kehindahan dan kejujuran. Mengapa? Karena Tuhan senantiasa menyukai keindahan dan juga kejujuran.

Pandanglah Mata, maka pandangan mu akan menembus hingga ke bagian-bagian yang tiada pernah ditembus oleh barisan rangkain kata. Lihatlah Mata, maka apa yang kau lihat akan menjadi lebih bermakna dari yang sekedar terucap. Pahamilah apa yang disorotkan oleh pandangan sepasang mata, maka kau akan memahami jauh lebih baik dan jauh lebih dalam dari apa yang hanya bisa diungkapkan oleh bahasa berupa pemahaman. Karena mata adalah sebuah objek bahasa universal.

Advertisements

Mari Berbagi Pemikiran :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s