Pilihan Dalam Hidup

Kehidupan manusia di dunia ini berawal dari Kelahiran dan akan berakhir pada yang namanya Kematian. Dua buah takdir yang tak mungkin terelakkan dan tak mungkin untuk dihindari oleh setiap manusia. Dua buah ketetapan yang sudah menjadi dasar bagi kehidupan setiap manusia.

Jika kehidupan yang berawal dari Kelahiran dan berakhir pada Kematian itu diibaratkan sebagai sebuah perjalanan, maka sudah tentulah dalam perjalanan itu kita akan menjumpai pilihan-pilihan yang harus kita ambil. Setiap manusia pastilah akan menjumpai pilihan-pilihan dalam perjalanan kehidupannya. Entah itu pilihan-pilihan yang hanya berkaitan dengan kehidupan dan hidup pribadinya sendiri maupun pilihan-pilihan yang mungkin akan dapat memberikan pengaruh terhadap kehidupan dan hidup orang lain di sekitarnya. Ya, seperti itulah kehidupan kita, dihiasi dengan pilihan-pilihan yang semuanya terletak dalam genggaman tangan kita sendiri.

Tiap-tiap dari manusia berhak untuk memilih pilihan-pilihan dengan sesuka hati dan kehendaknya. Namun, satu hal yang harus senantiasa ditanamkan dalam hidup ini,  setiap dari kita haruslah memiliki tanggung-jawab terhadap apa yang telah kita pilih. Tidak peduli apakah itu adalah pilihan yang baik maupun yang buruk. Salah satu bentuk tanggung-jawab itu adalah setidaknya kita haruslah mampu dan berani untuk menghadapi setiap pilihan yang telah kita ambil dalam hidup ini.

Menghadapi dengan berani setiap pilihan yang telah kita ambil, setidaknya akan memberikan dan meningkatkan rasa optimisme kita terhadap pilihan yang telah diambil meskipun pilihan itu terlihat berat. Dengan berani untuk menghadapi setiap pilihan yang telah diambil, maka setidaknya kita telah selangkah lebih maju dalam lintasan perjalanan hidup ini.

Disisi lain, pilihan-pilihan yang kita ambil pastilah akan memiliki hubungan kausalitas terhadap proses perjalanan dalam hidup yang sedang kita tempuh. Setiap pilihan yang telah diambil, pastilah akan memberikan pengaruh terhadap kehidupan baik itu secara tersirat maupun secata nyata tersurat dalam perjalanan hidup itu. Hubungan kausalitas antar pilihan itulah yang menjadikan setiap manusia untuk berani menanggung dan menghadapi setiap pilihan yang telah diambilnya.

Berani menanggung setiap pilihan yang telah diambil akan memberikan kendali terhadap pilihan-pilihan itu. Seperti orang yang sedang naik kuda, jika ia tidak mengenali, mengetahui karakteristik kudanya, maka ia akan sedikit kesulitan untuk dapat mengendalikan kuda itu. Maka akibatnya ia tidak akan dapat mengendalikan secara penuh tingkah laku kuda itu. Begitu juga dengan pilihan-pilihan dalam hidup ini. Tatkala kita tidak mampu untuk melihat, mengenali pilihan-pilihan itu dengan baik, maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan kita kehilangan kendali terhadap pilihan yang telah diambil.

Ketika telah tiba waktunya, maka pengambilan pilihan itu bukanlah hanya bersumber dari otak dan logika saja. Tapi dari hati yang tenang. Dalam hati yang tenang, akan dapat memberikan pantulan pandangan dengan jelas dan jernih sehingga akan dapat memberikan pemilihan pilihan yang terbaik. Namun tatkala pengambilan pilihan hanya dilandaskan pada otak dan logika semata, belum tentu semuanya akan menjadi baik, karena otak tidaklah sepenuhnya berasal dari kemurnian diri dan pikiran. Sedangkan hati adalah sumber segala kemurnian dalam diri setiap manusia.

Seperti kata pepatah, air yang jernih dan tenang akan dapat memberikan dan memantulkan setiap gambar dan pandangan yang jatuh padanya. Namun tatkala air yang jernih itu sedang bergelombang, ia tidak akan dapat memantulkan setiap gambar dan pandangan yang jatuh padanya.

Tidak peduli pilihan apa yang telah kita ambil dalam perjalanan hidup ini, hal terpenting adalah seperti apa kita menyikapi dan memperlakukan pilihan yang telah kita ambil itu. Pilihan-pilihan dalam hidup itu kita yang merencanakan, memilih , menuliskan, dan menentukan. Lalu Tuhanlah yang akan menentukan apakah pilihan itu layak untuk kita sandang ataukah tidak, dan orang-orang lainlah yang akan memberikan komentar terhadap apa yang telah menjadi pilihan dalam hidup ini.

 

 

 Maret 2014

 

Advertisements

Mari Berbagi Pemikiran :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s