Hidup Adalah Perjalanan

Hidup adalah sebuah perjalanan. Setidaknya itulah salah satu hal yang saya ketahui dari hakikat hidup di dunia ini. Karena hidup merupakan sebuah perjalanan, maka apa yang tertanam dalam benak saya adalah bahwa tiap-tiap dari kita adalah seorang Pelancong. Karena hidup merupakan sebuah perjalanan, maka saya pun meyakini bahwa tiap-tiap para pelancong pasti memiliki tujuan akhir dari perjalanan yang berbeda. Tujuan dari masing-masing pelancong belumlah tentu sama. Semua itu bergantung pada bagaimana mereka menyikapi hidup dan kehidupan yang mereka jalani ini.

Hidup adalah sebuah perjalanan, lalu perjalanan seperti apa? Tiap-tiap orang pastilah akan memiliki pandangan atau persepsi yang berbeda-beda tentang makna dan definisi dari perjalanan yang akan sedang mereka lalui. Tidak sedikit yang mengasumsikan dan berpikir bahwa perjalanan itu akan bermuara pada yang namanya sebuah “kesuksesan”. Dengan pikiran seperti itu banyak yang berpikiran bahwa perjalanan dalam kehidupan adalah seperti menaiki anak tangga-anak tangga yang jumlahnya mungkin ratusan, ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu, jutaan maupun milyaran, bergantung pada seberapa tinggi ia menempatkan dan mendefinisikan arti “kesuksesan” yang menjadi bagian akhir dari definisi perjalanan dalam hidupnya.

Tidak salah memang menggambarkan bahwa perjalanan hidup seperti itu. Sah-sah saja, tidak ada yang melarang. Dengan pemikiran seperti itu, akan memberikan motivasi kepada empunya sehingga akan membangkitkan rasa optimisme dalam perjalanan hidupnya. Disisi lain, memang diperlukan semangat dalam memupuk kesabaran dalam menjalani kehidupan yang ia ibaratkan bak kumpulan anak tangga yang menjulang.

Hidup adalah perjalanan. Menurut saya perjalanan itu tidaklah harus menjumpai titik-titik lokasi yang akan disinggahi. Bagi saya, perjalanan itu saya definisikan sebagai sebuah usaha dalam rangka meningkatkan PERAN kehidupan kita. Peran terhadap apa? Terhadap apapun. Terhadap lingkungan sekitar, terhadap sesama manusia dan terhadap tanah air, Indonesia. Ya, perjalanan adalah upaya untuk meningkatkan peran kita terhadap kehidupan, setidaknya itulah yang terpikir dalam benak dan pikiran saya kala ini.

Saya memahami bahwa hidup dan kehidupan dari masing-masing kita adalah mengemban peran, setidaknya itulah sedikit alasan yang saya miliki. Dan peran-peran yang kita emban itu akan membentuk sebuah sistem kerja yang luar biasa tatkala tiap-tiap peran itu bekerja dengan efektif dan efisien. Peran terhadap apa? Entahlah. Tapi menurut saya adalah peran terhadap apapun. Katakanlah bahwa kita tinggal dan hidup di sebuah tanah anugrah/gifted land yang kita kenal sebagai Indonesia. Jika boleh mengambil sebuah pemisalan, maka Indonesia itu ibarat sebuah mesin besar yang terdiri atas sekian banyak komponen-komponen pendukung. Ada yang berupa gerigi-gerigi kecil, gerigi besar, rantai-rantai kecil, rantai besar dan komponen lainya yang barang tentu tidak sama antara satu dan lainya.

Maka, saya mengandaikan bahwa hidup dan kehidupan kita adalah berupa komponen-komponen kecil penyusun sebuah mesin besar yang bernama Indonesia. Mesin besar itu, akan bekerja secara efektif dan juga efisien tatkala komponen-komponen penyokongnya pun bekerja dengan taktis, efektif dan juga efisien. Nah, dalam rangka untuk mencapai tingkat efektifitas optimum dari tiap-tiap komponen itulah yang saya pikirkan sebagai sebuah perjalanan dalam hidup. Hidup adalah upaya untuk meningkatkan peran dalam kehidupan. Mencapai sebuah tujuan akhir yang bukan hanya untuk “konsumsi” diri sendiri, bukan hanya untuk membangun “surga” pribadi. Tapi untuk mengoptimalkan peran yang kita emban dalam kehidupan ini, demi terwujudnya kehidupan bersama, kemajuan bersama, kebermanfaatan bersama dalam bingakaian sebuah ikatan berupa kekeluargaan, kebersamaan, persatuan dan rasa sepenanggungan.

 

That was my definition of my live, my journey and my life. Let’s enjoy our life. Rethink our life, live and who we are in this world?

 

 

 

            Yogyakarta, 2014

Advertisements
Categories:

Mari Berbagi Pemikiran :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s