Semua Butuh Proses

Seperti biasa, insomnia masih saja menyerang. Mata sedikit pun belum ingin untuk terpejam. Masih ingin menikmati dinginnya malam meskipun waktu semakin beranjak menuju dini hari. Dengan insomnia yang menyerang, daripada tidak melakukan suatu apapun maka saya berinisiatif untuk mengambil gitar dan mencoba memainkannya.

Ah suaranya terdengar sangat kacau. Rupanya sudah lama sekali tidak memainkan gitar. Terakhir kali memainkan gitar adalah semasa kelas satu SMA dulu. Itupun dalam rangka persiapan untuk pengambilan nilai mata pelajaran seni musik. Dan kini ketika kembali ingin memainkan gitar, jari-jari pun terasa sangat asing dengan perpindahan chord gitar. Ditambah dengan chord kunci yang sudah mulai lupa. Sepertinya memang harus belajar dari awal lagi tentang caranya bermain gitar.

Disela-sela usaha memainkan gitar yang tidak membentuk irama itu, tiba-tiba saja terselip sebuah renungan. “TIDAK ADA ORANG LUAR BIASA YANG TERLAHIR DENGAN TANPA MENJADI ORANG BIASA TERLEBIH DAHULU.” Pernyataan itu muncul begitu saja dalam benak pikiran ini. Dengan sedikit inspirasi ditengah insomnia yang melanda, saya pun mencoba menuliskannya. Mungkin saja dapat memberikan manfaat kepada orang lain.

Benar memang, setiap pribadi yang luar biasa, pasti juga pernah mengalami masa-masa menjadi pribadi yang biasa. Seorang Gitaris professional pun awalnya pasti pernah menjadi seorang Gitaris yang amatir. Ketika ia terus berlatih dan juga memupuk serta meningkatkan kemampuannya maka perlahan ia akan menjadi seorang Gitaris yang luar biasa. Kuncinya adalah senantiasa berlatih dengan tekun dan juga sungguh-sungguh. Tanpa hal itu, rasanya akan sangat sulit untuk ia menjadi seorang gitaris yang luar biasa.

Dan dalam usaha untuk terus meningkatkan kemampuanya itu, pastilah terlibat suatu proses panjang yang tidak biasa. Sebuah proses yang melibatkan kerja keras, kesungguhan dan juga keuletan untuk tidak pernah menyerah dalam situasi apapun. Dan lewat proses itulah kita ditempa, kita di didik dan juga dilatih untuk menjadi pribadi yang tingkatannya lebih baik daripada pribadi sebelumnya.

Jadi, ketika saat ini bila kita merasa bahwa diri kita adalah pribadi yang biasa-biasa saja dan cenderung dibawah pribadi yang lain, maka kita tidak perlu merasa khawatir. Tidak perlu untuk terlalu merasa takut, resah atau bahkan gelisah. Ketika kita menempa diri dengan kesungguhan, keuletan dan juga kerja keras, maka kita pun akan bisa menjadi sosok yang lebih baik daripada saat ini. Dan itu semua butuh waktu dan juga proses.

Dengan terus belajar dan juga mengasah diri maka tingkatan pun akan meningkat. Seperti belajar memainkan gitar. Pada awalnya jari-jari akan terasa kaku dan asing dengan yang namanya finger chord. Satu jam pertama mungkin hasilnya belum akan terasa selain rasa sakit pada jari-jari tangan kiri dan juga rasa pegal dan kaku yang menyerang pergelangan tangan kiri. Itu adalah hal yang sangat wajar. Terutama apabila kita baru pertama kali memegang dan belajar memainkan gitar. Satu hari pertama mungkin juga akan belum memberikan hasil yang terlihat. Tapi, kita harus senantiasa ingat bahwa, semuanya membutuhkan proses. Tidak bisa instan. Agar dapat memainkan gitar dengan baik dan benar pun pastilah membutuhkan proses. Dengan ketekunan dan keuletan untuk senantiasa belajar dan berlatih, serta sikap yang sungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah, maka pastilah suatu saat nanti kita akan dapat memainkan gitar dengan baik dan benar. Perlahan namun pasti, asalkan kita senantiasa berusaha pasti saat itu akan tiba.

Dengan berdasar pada analogi di atas, maka berlaku pula dalam kehidupan kita ini. Dalam menjalani setiap kehidupan tidak ada hal yang instan. Semuanya memerlukan proses dan juga perubahan.

Jadi kita tidaklah perlu merasa khawatir dengan diri kita saat ini. Tidak perlu untuk merasa kerdil terhadap apa yang sedang kita jalani saat ini. Dan juga tidak perlu merasa berkecil hati terhadap langkah kita di saat ini. Satu hal yang harus senantiasa kita yakini dalam diri kita, bahwa keadaan kita saat ini hanyalah sementara. Keadaan saat ini adalah proses penempaan yang sedang kita jalani. Dan ini merupakan bentuk latihan yang Tuhan berikan kepada kita. Jangan pernah merasa sedih dan putus asa.

Mungkin kita merasa bahwa apa yang saat ini sedang kita lalui merupakan suatu hal yang sangat tidak mengenakkan. Dengan keadaan ini seolah kita sedang berada di tepi sebuah jurang yang dalam. Akan tetapi sadarkah kita bahwa ketika Tuhan menuntun kita hingga ke tepian suatu jurang yang dalam, apakah Tuhan akan membiarkan kita jatuh ke dalam jurang tersebut? Mungkin saja Tuhan sedang ingin mengajarkan cara untuk terbang melintasi jurang tersebut.

Tetap tersenyum dengan apa yang kita jalani sekarang. Tetap tatap matahari dengan dada tegap dan tetaplah berteriak dengan lantang dalam menghadapi angkuhnya dunia ini. Tetap berkarya dengan apa yang kita lakukan sekarang. Dan jangan pernah kita biarkan pikiran negatip bersarang dalam ruang sempit diantara sela-sela sarap kita yang bersimpul itu. Mari tetap menjadi pribadi yang optimis dan selalu memandang segalanya dengan tingkat pandangan yang positip. Lakukan apa yang bisa kita lakukan saat ini dengan sebaik-baiknya, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita hadapi beberapa saat ke depan.

Mari senantiasa membiasakan diri untuk tetap belajar dan juga memperbaiki diri menuju pribadi yang lebih baik lagi. Jangan pernah ragu untuk menjadi dan melakukan hal-hal yang kita inginkan. Cukup kita lakukan dengan penuh tanggung-jawab, kesungguhan, keuletan dab senantiasa memupuk diri, maka suatu saat nanti kita akan dapat membumbung terbang tinggi layaknya seekor elang yang terbang menjelajah dan mengarungi cakrawala. Dan satu hal penting yang tidak boleh terlupa, mari untuk tetap senantiasa belajar.

25 Agustus 2013

Di tengah balutan kegalauan dan hati yang gundah. 😀

Advertisements
Categories:

Mari Berbagi Pemikiran :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s